Senin, 05 Januari 2015

Bunga bromelia raksasa

          orang rela berjalan kaki selama 2-3 jam ,melewati tanah gersang hanya untuk melihat bunga ini.penasaran ? yuk,kita lihat !
RATU andes
         dalam bahasa latin, bunga ini disebut puya raimondii . ia termasuk keluarga tanaman bromelia . jadi,ia masih bersaudara dengan tanaman nanas .
berbeda dengan nanas yang tumbuh dibeberapa Negara ,puya raimondii hanya tumbuh dibeberapa tempat berkapur yang tandus dipegunungan andes .terutama yang berada di wilayah peru dan Bolivia .


        yang istimewa dari puya raimondii adalah bunganya .yep! diatas pangkalnya yang berdaun ,bunga puya raimodii tumbuh menjulang ke langit .ya! ribuan bunga berwarna kuning tersusun rapi dalam sbuah tangkai .tinggi tangkai bunga itu bisa mencapai 10 meter atau setinggi gedung bertingkat 3 . sementara garis tengah nya bisa mencapai 2,5 meter .luar biasanya dan cantik sekali .atas kecantikannya ,bunga itu dinamakan queen of andes atau ratu andes.
Berbeda dari keluarga tanaman bromeliad lainnya yang berumur pendek ,punya raimondii umurnya bisa mencapai 100-150 tahun .tetapi ,perlu waktu juga untuk sampai berbunga .dan setelah berbunga ,tanaman ini akan bertunas dulu ,lalu mati .
Bunga langka
        Sayangnya, bunga cantik ini kurang dihargai oleh penduduk setempat.mereka khawatir duri pada tanaman ini bisa menjerat domba peliharaan mereka .maka ketika udara sedang sangat dingin ,mereka pun membakar tanaman tersebut untuk menghangatkan badan .apinya yang menjulang seperti obor raksasa,jadi hiburan bagi mereka .
Akibatnya ,tanaman itu banyak berkurang .padahal perkembangbiakan nya lama .karena ,puya raimondii kini menjadi langka .sayang ,ya,padahal bunga ini indah sekali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar