Kamis, 27 November 2014

Desa di dalam gua

Hidup di dalam gua? Hemm …. Apa rasanya, ya? Yuk kita lihat sekumpulan orang yang tinggal di dalam gua .
Gua batu
       Orang-orang di desa kandova tinggal di gua batu. Menurut bahasa setempat,”kando”berarti “sarang lebah”. Desa yang berada di provinsi azarbaijan timur, dekat kota Tabriz, iran, memang terlihat seperti halnya sekumpulan sarang lebah saat kita melihatnya pertama kali
                           
Terbentuk secara alami
       Batu-batu berbentuk kerucut itu terbentuk secara alami sekitar 11000 tahun lalu saat gunung sahand meletus dan dari erupsi gunung ini memuntahkan puing-puing, bebatuan, abu vulkanik dan lainya yang kemudiaan lama-kelamaan dari proses alam membentuk batu-batu kerucut di lereng gunung. Batuan ini memiliki sifat kuat dan kokoh, menurut cerita , pada abad ke 13,penduduk pertama kandova adalah pengungsi yang bersembunyi dari serangan tentara Mongolia Kemudian mereka memutuskan untuk menetap di dalam gua batu kerucut itu.
                            
Seperti rumah tingkat
       Kebanyakan rumah memiliki empat lantai. Di lantai paling bawah biasanya digunakan sebagai tempat memelihara binatang. Dua lantai di atasnya menjadi ruang tinggal utama, lengkap dengan perabotan rumah tangga. Dan lantai paling atas biasanya menjadi gudang penyimpana. Dinding rumah batu ini cukup lembut, sehingga bisa dipahat untuk menambah luas ruangan.
       Rumah batu inimemiliki keistimewahan, lo! pada saat musim panas, udara dalam ruangan tetap sejuk. Sedangkan di musim dingin suhu ruangan tetap hangat.
                                         
Desa ratusan tahun
       Rumah-rumah batu ini di perkirakan sudah berumur lebih dari 700 tahun. Meskipun demikian, bukan berarti penduduknya tidak modern. Disana terdapat listrik dan saluran air bersih. Bahkan, terdapat hotel untuk turis mancanegara.

       Dan mata pencaharian penduduk desa kandova adalah dengan berjualan susu, daging, wol, madu, kerjinan tangan dan sayura kering
                                 
hayo ...... siapa mau mencoba menginap di rumah batu ini ....????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar