Kamis, 27 November 2014

jari es yang mematikan

          Di bawah lautan antartika, muncul jari es yang mematikan. Apa pun yang di sentuhnya,seketika tak berkutik lagi
           
Brine
     Es di antartika, mengandung larutan garam atau disebut juga brine. Larutan garam itu terperangkap di dalam saluran-saluran yang kecil sekali. Saluran larutan garam itu diameternya kurang dari 1 milimeter.
Asap garam
    Larutan garam dalam saluran itu sangat dingin dan padat. Lama-kelamaan, larutan garam itu mengalir ke luar dari es. Lalu, turun ke larutan di bawahnya. Saat turun ke lautan, larutan garam itu mengalir seperti asap.
Stalaktit es
     Asap larutan garam itu sangat dingin. saking dinginnya, asap itu membekukan air laut yang bersentuhan dengannya. Maka, terbentuklah semacam batang es di sepanjang aliran asap garam tadi.   Nah,batang es itu adalah stalaktit es atau brinicle.
Mirip jari
                         
     Setelah sekitar 5-6jam, stalaktit es itu smakin lama smakin panjang. Panjangnya sekitar 100cm. diameternya sekitar 10cm-20cm. ujung stalaktit es itu lalu smakin runcing. Bentuknya mirip jari. Ya jari es
Jari gaib
     Stalaktit es itu bagaikan jari gaib yang mematikan!!!!! Ketika ujungnya yang runcing menyentuh dasar laut, seketika terbentuk jalur es. Jalur es itu membekukan dasar laut yang di lewatinya. Bahkan, makhluk-makhluk hidup pun seperti bintang laut dan bulu babi jadi jadi tak berdaya di buatnya!!!
     Jari es itu baru pertama kali direkam pada November 2011. Benar-benar penemuan yang menakjubkan, sekaligus mematikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar