Kamis, 27 November 2014

permen-permen amezaiku

             Kalau melihat permen-permen amezaiku, kita jadi terheran-heran. Bukan hanya karena bentuknya tapi juga pembuatannya yang bikin takjub mata memandang !!!
                         
    Seni tradisional
   Amezaiku adalah seni tradisional membuat permen dari jepang. Awalnya, seni memahat permen ini datang dari cina. Lalu, pada abad ke-17, amezaiku mulai di kenal di jepang.
     Aneka bentuk
   Dengan amezaiku, permen-permen jadi beraneka ragam bentuknya, seperti naga,burung, gurita, pokoknya macam-macam dech bentuknya yang bisa di pahat dari adonan permen. Caranya,adonan permen di panaskan. Setelah meleleh dan lembut, adonan di tancapkan di batang kayu atau plastik seperti permen lolypop gitu dech. Lalu, siap di bentuk !!!
       
     Super cepat !!!
   Adonan permen harus di bentuk dengan super cepat. Sekitar 5 menit saja!!! Kalau tidak super cepat adonan akan segera dingin dan mengeras, maka adonan permen tidak bisa di bentuk lagi.
     Membuat adonan
   Untuk membuat adonan permen, maka si pengerajin amezaiku hanya menggunakan tangganya dan gunting kecil. Pengerajin lalu  dengan cekatan dan trampilnya menarik, membengkokkan, memelintir, memotong, dan mewarnai adonan permen. Maka, jadilah bentuk-bentuk yang menarik. Auch, si pengerajin harus tahan terhadap panasnya adonan permen.
                  
     Aksi pengerajin
   Asiknya melihat pengerajin amezaiku beraksi. Pengerajin amezaiku membuat langsung di hadapan para pembelinya. Pembelinya pun bisa memesan bentuk permen sesuai keinginannya. Wah, pembeli tidak hanya senang dengan bentuk permennya. Mereka juga terpana menyaksikan pembuatannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar